Wednesday, January 19, 2011

Perintah Dasar SQL / Basic SQL Commands

1.1 Data Definition Language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Ada tiga perintah yang termasuk dalam DDL, yaitu:
§ CREATE : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk di antaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
§ ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.
§ DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.
1.2 Data Manipulation Language (DML) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat. Perintah yang digunakan, di antaranya:
§ INSERT : Perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat.
§ SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
§ UPDATE : Perintah ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terkini. Jika Anda memiliki data yang salah atau kurang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah UPDATE.
§ DELETE : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus merupakan data yang sudah tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.

1.3 Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya. Perintah DCL, di antaranya:
§ GRANT : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/ijin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE), dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.
§ REVOKE : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.

Contoh:
Membuat query dalam SQL

create database coba
create table mhs(
nrp char(10) not null,
nama varchar(25) not null,
kelas int(3) not null,
mata_kuliah char(7) not null,
nilai int(4) not null,
constraint pk_mahasiswa primary key (nrp)
)
INSERT INTO `coba`.`mhs` (`nrp`, `nama`, `kelas`, `mata_kuliah`, `nilai`) VALUES (”, ”, ”, ”, ”);
SELECT * FROM `mhs` WHERE `nama`=’ ‘
DELETE FROM `mhs` WHERE CONVERT(`mhs`.`nrp` USING utf8) = ”
ALTER TABLE `mhs`
DROP `nrp`,
DROP `nama`,
DROP `kelas`,
DROP `mata_kuliah`,
DROP `nilai`;


Sekian dari saya Agus Candra Kurniawan tentang artikel Perintah Dasar SQL / Basic SQL Commands pada Visual Basic/Microsoft Studio 2005, semoga bermanfaat bagi kita semuanya, Amiin Ya Rabb, Barakallahu fikum.

Perintah Dasar SQL / Basic SQL Commands Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Candra Kurniawan